Langsung ke konten utama

Pagelaran Budaya Tung-tung Sumenep


Hari Sabtu Sore ketika saya pulang dari kantor (tepatnya sekolah tempat saya bekerja) tiba-tiba didepan saya begitu banyak gerombolan orang ketika saya telah melewati daerah kecamatan batang-batang.
Singkat saja ternyata saat itu ada acara pelepasan siswa kelas III (IX) SMPN Batang-batang (tempat sekolah saya semasa SMP). Acara pelepasan kelas III dimeriahkan dengan acara karnaval sekaligus mengundang salah satu kelompok seni tradisional yaitu seni thung-thung. Awalnya kesenian ini berupa seni bunyi2an (tung-tung) yang awalnya berupa kumpulan alat seni (tong-tong) yang sebagian besar alatnya berasal dari bambu. Saat ini kesenian ini telah berkembang menjadi kesenian yang menarik, atraktif dan enak untuk dtitonton.
Saat ini budaya kesenian tung-tung juga mendapat perhatian dari pemerintah dengan secara rutin mengadakan lomba tung-tung tingkat kabupaten.
Suatu saat saya yakin budaya tung-tung sumenep bisa saja menjadi budaya nasional bahkan internasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Lempuyang

Toga yang satu ini banyak dijumpai di daerah basah/teduh atau pada daerah dengan ketinggian <1200 meter diatas permukaan laut. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah rimpangnya yang digunakan sebagai jamu untuk melangsingkan tubuh, untuk menambah nafsu makan, menghangatkan badan disaat musim dingin, obat sakit kepala atau pusing. Selain itu lempuyang juga dapat digunakan untuk mengatasai sakit kejang-kejang pada anak, sebagai obat sakit empedu juga dapat digunakan untuk mengobati luka dan penyakit kulit lainnya. Tanaman obat ini merupakan bangsa Zingiberales suku Zingiberaceae, Marga Zingiber dan termasuk dalam jenis Zingiber Zerumbet.